Contoh LK 1.1 Identifikasi Masalah (Umum) PPG daljab 2023


Menarik sekali dapat bertemu dan berbagi pengalaman pembelajaran bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda berada di sini karena Anda memahami pentingnya berkontribusi dalam dunia pendidikan yang semakin kompleks dan sangat menantang.

Memahami masalah yang ada di dunia pendidikan, dapat disebutkan mulai dari hambatan dalam pembelajaran siswa hingga dinamika interaksi dalam kelas adalah merupakan kunci pertama untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Di artikel ini, Anda akan menemukan serangkaian aktivitas-aktivitas dalam pembelajaran yang telah dirancang secara khusus untuk membantu Anda mendalami materi-materi penting. Selain itu, kami juga menyediakan beberapa contoh lembar kerja, petunjuk pengerjaan, dan format rubrik penilaian yang bisa Anda gunakan sebagai referensi atau bahkan diadopsi langsung ke dalam praktek mengajar Anda.

Tujuan utamanya adalah untuk membekali Anda dengan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk menganalisis dan menangani masalah-masalah yang mungkin Anda temui dalam dunia pendidikan. Berikut adalah langkah pemahaman dan contoh dalam mengisi lembar kerja identifikasi masalah;

LK 1.1 Identifikasi Masalah

Bagi guru dan mahasiswa yang mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) akan diberikan tugas untuk mengisi lembar kerja. Lembar Kerja yang awal adalah Identifikasi Masalah merupakan program belajar mandiri yang diberikan setelah selesai proses pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran

Mengidentifikasi masalah-masalah yang terdapat pada pembelajaran di kelas terkait beberapa hal:
Penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus, membangun relasi dengan siswa; melakukan disiplin positif, pemberian feedback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS, literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman mereka saat menjadi guru.

Format Lembar Kerja

Berikut adalah format isian lembar kerja dalam identifikasi masalah;

Format LK 1.1 Identifikasi Masalah

Petunjuk:
Silakan identifikasi masalah-masalah pembelajaran yang mungkin terkait dengan penanganan siswa bermasalah dan berkebutuhan khusus, membangun relasi dengan siswa, melakukan disiplin positif, pemberian feddback, metode pembelajaran, masalah motivasi, materi HOTS (High Order Thinking Skills), literasi numerasi, miskonsepsi, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, asesmen, interaksi dengan orang tua siswa, menggunakan model-model pembelajaran inovatif, dan masalah terkait lainnya yang menjadi tugas keseharian guru berdasarkan pengalaman Anda saat menjadi guru.

Contoh LK 1.1 Identifikasi Masalah (Umum)

Mengulas contoh LK 1.1 Identifikasi Masalah Pedagogis, Literasi dan Numerasi PPG 2023. Lembar Kerja Identifikasi Masalah merupakan lembar kerja yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran pedagogi, literasi dan numerasi pada siswa dan guru di sekolah.

Berikut contoh-contoh isian LKS permasalahan pembelajaran pedagogi, literasi, dan numerasi bagi peserta PPG Daljab 2023.

LK 1.1 Identifikasi Masalah (Umum):

1. Masalah Pedagogi

LK 1.1 Identifikasi Masalah (Umum)
Jenis Permasalahan:
• Pedagogi
Masalah yang Diidentifikasi:
1. Metode pembelajaran yang kurang efektif.
2. Kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
3. Kurangnya manajemen kelas yang efektif.
4. Kurangnya diferensiasi dalam pembelajaran.
Kurangnya penilaian otentik.
5. Kurangnya kerjasama antara guru dan siswa.
Analisis Masalah yang Diidentifikasi:
1. Mengikuti pelatihan atau workshop untuk meningkatkan kompetensi dalam menggunakan metode pembelajaran yang efektif.
2. Menerapkan pembelajaran berbasis teknologi, seperti menggunakan aplikasi pembelajaran online atau memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran.
3. Meningkatkan keterampilan pengelolaan kelas dengan menerapkan berbagai metode pengelolaan kelas yang efektif.
4. Membedakan pembelajaran dengan menyesuaikan metode pembelajaran dan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.
5. Melaksanakan penilaian otentik untuk mengukur kompetensi siswa secara holistik.
6. Meningkatkan kerjasama antara guru dan siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan saling mendukung.

2. Masalah Literasi

Jenis Permasalahan:
• Literasi
Masalah yang Diidentifikasi:
1. Siswa masih mengalami kesulitan membaca teks kompleks.
2. Siswa masih mengalami kesulitan menulis esai yang baik.
3. Siswa masih kesulitan mengungkapkan pendapatnya secara lisan.
4. Siswa yang kurang berminat dalam kegiatan membaca dan menulis.
5. Siswa yang kurang terampil dalam menggunakan berbagai sumber informasi.
6. Siswa yang kurang terampil dalam menganalisis dan mengevaluasi informasi.
Analisis Masalah yang Diidentifikasi:
1. Menyediakan berbagai bahan bacaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
2. Melaksanakan berbagai kegiatan membaca, seperti membaca bersama, membaca terbimbing, dan membaca mandiri.
3. Melaksanakan berbagai kegiatan menulis, seperti menulis esai, menulis laporan, dan menulis refleksi.
4. Melaksanakan berbagai kegiatan berbicara, seperti diskusi, presentasi dan bermain peran.
5. Membimbing siswa untuk menggunakan berbagai sumber informasi, seperti buku, jurnal, dan internet dengan bijak.
6. Membimbing siswa menganalisis dan mengevaluasi informasi secara kritis.

3. Masalah Numerasi

Jenis Permasalahan:
• Numerasi
Masalah yang Diidentifikasi:
1. Siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi matematika dasar.
2. Siswa yang mengalami kesulitan memecahkan masalah matematika yang kompleks.
3. Siswa yang kurang berminat terhadap pelajaran matematika.
4. Siswa yang kurang terampil dalam menggunakan alat peraga matematika.
5. Siswa yang kurang terampil dalam menjelaskan penyelesaian masalah matematika.
Analisis Masalah yang Diidentifikasi:
1. Menggunakan berbagai metode pembelajaran matematika yang menarik dan menyenangkan.
2. Melaksanakan pembelajaran matematika kontekstual, yaitu pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa.
3. Menggunakan alat bantu matematika, seperti sempoa, kalkulator, dan komputer untuk membantu siswa memahami konsep matematika.
4. Membimbing siswa menjelaskan penyelesaian masalah matematika secara runtut dan jelas.

Setelah mengidentifikasi permasalahan pedagogi, literasi, dan numerasi yang dihadapi, peserta PPG Daljab 2023 dapat mengusulkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Solusi yang diusulkan harus sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta PPG di tempat kerjanya masing-masing.

Berikut beberapa contoh solusi untuk mengatasi permasalahan pedagogi, literasi dan numerasi:

Solusi Masalah

Pedagogis

1. Mengikuti pelatihan atau workshop untuk meningkatkan kompetensi dalam menggunakan metode pembelajaran yang efektif.
2. Menerapkan pembelajaran berbasis teknologi, seperti menggunakan aplikasi pembelajaran online atau memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran.
3. Meningkatkan keterampilan pengelolaan kelas dengan menerapkan berbagai metode pengelolaan kelas yang efektif.
4. Membedakan pembelajaran dengan menyesuaikan metode pembelajaran dan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.
5. Melaksanakan penilaian otentik untuk mengukur kompetensi siswa secara holistik.
6. Meningkatkan kerjasama antara guru dan siswa dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan saling mendukung.

Literasi

1. Menyediakan berbagai bahan bacaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
2. Melaksanakan berbagai kegiatan membaca, seperti membaca bersama, membaca terbimbing, dan membaca mandiri.
3. Melaksanakan berbagai kegiatan menulis, seperti menulis esai, menulis laporan, dan menulis refleksi.
Melaksanakan berbagai kegiatan berbicara, seperti diskusi, presentasi dan bermain peran.
4. Membimbing siswa untuk menggunakan berbagai sumber informasi, seperti buku, jurnal, dan internet dengan bijak.
5. Membimbing siswa menganalisis dan mengevaluasi informasi secara kritis.

Numerasi

1. Menggunakan berbagai metode pembelajaran matematika yang menarik dan menyenangkan.
2. Melaksanakan pembelajaran matematika kontekstual, yaitu pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa.
3. Menggunakan alat bantu matematika, seperti sempoa, kalkulator, dan komputer untuk membantu siswa memahami konsep matematika.
4. Membimbing siswa menjelaskan penyelesaian masalah matematika secara runtut dan jelas.

Langkah pengisian LK 1.1 Identifikasi Masalah PPG tahun 2023.

Berikut langkah-langkah pengisian LK 1.1 Identifikasi Masalah PPG Tahun 2023:
1. Bacalah petunjuk pengisian LK 1.1 dengan cermat.
2. Isikan data diri peserta PPG pada kolom yang tersedia.
3. Identifikasi masalah pedagogi, literasi dan numerasi yang dihadapi di tempat kerja.
4. Jelaskan secara rinci permasalahan yang telah diidentifikasi.
5. Usulkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.
6. Periksa kembali hasil pengisian LKS untuk memastikan data yang dimasukkan sudah benar dan lengkap.

Tips pengisian LK 1.1 Identifikasi Masalah (Umum) PPG tahun 2023.


Berikut tips pengisian LK 1.1 Identifikasi Masalah meliputi hal-hal;
1. Melakukan observasi dan wawancara terhadap siswa, guru dan orang tua untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi.
2. Gunakan data dan informasi yang valid untuk mendukung identifikasi masalah.
3. Uraikan permasalahan secara rinci dan jelas agar pembaca dapat memahaminya.
4. Usulkan solusi yang realistis dan dapat diterapkan di lokasi tugas.
5. Refleksikan hasil pengisian LKS untuk melihat apakah hasil pengisian sudah sesuai dengan tujuan.

LK 1.1 Identifikasi Masalah PPG merupakan dokumen penting yang dapat dimanfaatkan peserta PPG Daljab 2023 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran. Dengan mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan pedagogi, literasi, dan numerasi yang dihadapi, peserta PPG dapat menjadi guru yang lebih profesional dan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1).
• Lampiran LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan.


Comments