Contoh LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah PPG DALJAB


Senang sekali bisa bertemu dan berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda berada di sini karena memahami pentingnya berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan.

Memahami permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan, mulai dari hambatan belajar siswa hingga dinamika interaksi di dalam kelas, merupakan kunci pertama untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda melalui proses penentuan penyebab permasalahan yang sering ditemui oleh guru dalam pembelajaran siswa di kelas.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan contoh mengisi kegiatan pembelajaran yang dirancang dalam lembar kerja untuk membantu Anda menemukan penyebab permasalahan bagi peserta didik. Selain itu, kami juga menyediakan contoh LKS dan instruksi kerja serta rubrik penilaian yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau bahkan diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di sekolah.

LK. 1.2. Eksplorasi Penyebab Masalah

Berikut adalah langkah-langkah untuk memahami masalah pembelajaran dalam eksplorasi penyebab masalah adalah sebagai berikut;

Tujuan Pembelajaran

Menentukan tujuan pembelajaran terkait hal-hal sebagai berikut;
1. Mengeksplorasi kemungkinan penyebab masalah yang sudah teridentifikasi.
2. Dalam melakukan eksplorasi penyebab-penyebab masalah tersebut, peserta PPG Dalam Jabatan dapat melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara guru / kepala sekolah / pengawas sekolah / rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar dan pihak terkait lainnya dengan bimbingan / arahan dosen dan guru pamong.

Format Lembar Kerja

Berikut format lembar kerja eksplorasi penyebab masalah PPG Dalam Jabatan;

Format LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah

Petunjuk Pengisian:

Pada langkah ini, Anda akan melakukan eksplorasi penyebab-penyebab masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Gunakan petunjuk berikut untuk membantu Anda dalam eksplorasi penyebab masalah.

Contoh LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah

Masalah yang telah diidentifikasi

• Kurangnya minat belajar siswa dalam membaca teks cerita pendek.

Hasil eksplorasi penyebab masalah

• Kajian Literatur
Melakukan telaah pustaka dan mendapatkan masukan tentang kurangnya minat siswa dalam belajar di kelas, karena ada beberapa faktor penyebab. Menurut jurnal ilmiah tentang faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca siswa, disebabkan oleh beberapa faktor seperti;
1. Faktor internal;
• Kemampuan membaca siswa dan,
• Kurangnya kebiasaan membaca.
2. Faktor eksternal;
• Lingkungan sekolah yang kurang mendukung.
• Peran perpustakaan sekolah belum maksimal.
• Keterbatasan buku / bahan bacaan.
• Lingkungan keluarga kurang yang mendukung.
• Pengaruh menonton televisi.
• Bermain games di handphone.

Analisis Eksplorasi Penyebab Masalah

Setelah dilakukan analisis terhadap kurangnya minat baca siswa melalui berbagai sumber literatur dan wawancara, maka dapat ditentukan penyebab masalah yang sesuai dengan kondisi satuan pendidikan sebagai berikut:
1. Siswa tidak terbiasa melakukan kegiatan membaca baik di lingkungan sekolah maupun rumah.
2. Adanya pengaruh gawai yang membuat siswa cenderung malas membuka buku dan lebih memilih bermain permainan di gawainya.
3. Buku bacaan atau buku koleksi perpustakaan yang digunakan dalam pembelajaran rata-rata tidak sesuai dengan kebutuhan siswa milenial sekarang sehingga siswa cenderung malas membaca. Hal ini disebabkan buku-buku yang tersedia berupa buku bacaan berat, bukan kategori ringan yang sesuai dengan jenjang usia siswa.
4. Kurangnya perhatian dari keluarga siswa dalam memantau kegiatan literasi anak.
5. Model pembelajaran guru masih bersifat monoton. Belum ada upaya inovatif untuk meningkatkan minat baca siswa.
6. Guru kurang memahami latar belakang siswa.

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1).
• Lampiran LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan.

Comments

Popular Posts