Contoh LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah PPG Dalam Jabatan Tahun 2023


Senang sekali bisa berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda berada di sini karena Anda memahami pentingnya berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan. Memahami permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan, mulai dari hambatan belajar siswa hingga dinamika interaksi di dalam kelas, merupakan kunci pertama untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda melalui beberapa tahap proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab permasalahan. Tujuannya adalah untuk membekali Anda dengan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk menganalisis dan menangani permasalahan yang mungkin Anda temui dalam dunia pendidikan.

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami proses penentuan penyebab permasalahan pada  kegiatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengerjakan lembar kerja (LK).

Untuk itu, kami juga menyediakan beberapa contoh LKS dan instruksi kerja dalam tahap penentuan penyebab permasalahan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda dikelas.

LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah

Petunjuk Pengisian Lembar Kerja:

Setelah mengeksplorasi penyebab-penyebab masalah, langkah selanjutnya adalah menentukan akar penyebab masalah yang peling mendekati konteks yang dihadapi guru di kelas/sekolahnya. Gunakan petunjuk berikut untuk membantu Anda dalam penentuan akat penyebab masalah.

Format Lembar Kerja (LK)


Format LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah

Contoh LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memahami pembelajaran dan contoh-contoh mengisi lembar kerja dalam eksplorasi penyebab masalah PPG dalam jabatan adalah sebagai berikut;

LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah

Nama Mahasiswa: ____
Asal Institusi: _____

Masalah yang telah diidentifikasi
• Rendahnya motivasi bel]ajar peserta didik.

Hasil eksplorasi penyebab masalah
• Guru belum menggunakan metode pembelajaran inovatif yang sesuai.
• Fasilitas sekolah yang belum memadai.
• Orangtua belum berperan dalam pemberian motivasi kepada peserta didik.
• Kurangnya minat dan keinginan peserta didik untuk belajar.
• Suasana belajar yang kurang mendukung.
• Kurangnya rasa ingin tahu peserta didik.
• Tanggung jawab belajar yang belum terbentuk.
• Kurangnya kemampuan dasar peserta didik.
• Kondisi kesehatan.
• Latar belakang keluarga.

Akar penyebab masalah
• Guru belum menggunakan metode pembelajaran inovatif yang menarik sesuai dengan materi dan kondisi peserta didik.

Analisis akar penyebab masalah
• Kurangnya penggunaan media ajar dan metode pembelajaran inovatif yang menarik membuat peserta didik kurang terlibat aktif di dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya motivasi belajar peserta didik.
• Dengan adanya media ajar dan metode pembelajaran inovatif yang menarik dan membuat peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Masalah terpilih yang akan diselesaikan
• Capaian Pembelajaran: Siswa mampu mengeja membaca cerita pendek. Fase F Kelas XII. Muatan Pelajaran: Bahasa Inggris. Elemen: Membaca dan Memirsa.

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1).
• Lampiran LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan.

Comments

Popular Posts