Contoh LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah PPG Dalam Jabatan 2023


Senang sekali bisa berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda berada di sini karena Anda memahami pentingnya berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan. Memahami permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan, mulai dari hambatan belajar siswa hingga dinamika interaksi di dalam kelas, merupakan kunci pertama untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda melalui beberapa tahap proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab permasalahan. Tujuannya adalah untuk membekali Anda dengan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk menganalisis dan menangani permasalahan yang mungkin Anda temui dalam dunia pendidikan.

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami proses penentuan penyebab permasalahan pada  kegiatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengerjakan lembar kerja (LK).

Untuk itu, kami juga menyediakan beberapa contoh LKS dan instruksi kerja dalam tahap penentuan penyebab permasalahan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda dikelas.

LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah

Petunjuk Pengisian:

Setelah mengeksplorasi penyebab-penyebab masalah, langkah selanjutnya adalah menentukan akar penyebab masalah yang paling mendekati konteks yang dihadapi guru di kelas / sekolahnya. Gunakan petunjuk berikut untuk membantu Anda dalam penentuan akar penyebab masalah:
1. Berkonsultasi dengan Guru / Kepala Sekolah / Pengawas Sekolah / Rekan Sejawat dan pakar / pihak terkait:
• Diskusikan temuan Anda mengenai penyebab masalah.
• Bagikan informasi tentang penyebab masalah yang telah Anda identifikasi dan jelaskan konteks spesifik yang Anda hadapi.
• Tanyakan pendapat, saran, dan rekomendasi mereka dalam menentukan akar penyebab masalah yang paling relevan.

2. Analisis dan Pertimbangan:
• Tinjau kembali data dan informasi yang telah Anda kumpulkan selama eksplorasi penyebab masalah.
• Pertimbangkan konteks kelas / sekolah yang Anda hadapi dan evaluasi akar penyebab masalah yang paling relevan untuk situasi tersebut.
• Identifikasi akar penyebab masalah yang memiliki dampak signifikan terhadap hasil pembelajaran atau tantangan yang dihadapi oleh guru dalam tugas sehari-hari.

3. Penentuan Masalah dan Akar Penyebab:
• Pilih minimal 2 (dua) masalah yang paling sesuai dengan tugas keseharian guru.
• Jelaskan akar penyebab dari setiap masalah yang dipilih secara rinci.
• Tinjau kembali penelitian dan analisis Anda untuk memastikan akar penyebab tersebut relevan dan memiliki potensi untuk diatasi.

Pastikan untuk mencatat informasi yang diperoleh dalam lembar kerja dan gunakan sebagai panduan dalam langkah-langkah berikutnya untuk menemukan solusi bagi masalah yang telah diidentifikasi.

Format Lembar Kerja (LK)

Format LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah

LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah

Hasil eksplorasi penyebab masalah

• Kurangnya semangat dan minat siswa kelas XII dalam membaca teks Report pendek sederhana.

Akar penyebab masalah
 Siswa cukup lama berada di rumah saat pandemi dan belajar secara daring membuat mereka malas belajar secara luring. Sebagian besar siswa belum terbiasa melakukan kegiatan membaca di sekolah maupun di rumah.
 Keberadaan siswa di asrama memungkinkan mereka mempelajari bahasa lain, sehingga mengakibatkan kurangnya semangat dan minat membaca. Siswa belum mempunyai keinginan dan tujuan yang ingin dicapai. Kurangnya perhatian keluarga siswa dalam memantau aktivitas literasi anak.
 Model pembelajaran guru masih monoton. Belum ada upaya inovatif untuk meningkatkan minat membaca siswa, materi yang disampaikan kepada siswa sulit dipahami, dan metode mengajar guru kurang disukai siswa.
 Guru tidak mengembangkan kemampuannya sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa, terkait dengan perkembangan media teknologi.
 Guru kurang berminat mengikuti pelatihan terkait pedagogi dan cenderung menggunakan materi yang sudah ada.

Analisis akar penyebab masalah (data pendukung)

 Kurangnya minat siswa terhadap materi pembelajaran dapat disebabkan oleh materi pembelajaran yang kurang menarik dan relevan dengan kebutuhan siswa.
 Kurangnya keterampilan belajar siswa dapat disebabkan oleh kurangnya bimbingan guru dalam pembelajaran.
 Kurangnya motivasi diri siswa dapat disebabkan oleh kurangnya dukungan orang tua dan lingkungan. Lingkungan belajar yang tidak kondusif dapat menyebabkan siswa menjadi terganggu dalam belajar.
 Penggunaan gawai yang berlebihan dapat menyebabkan siswa kurang fokus dan konsentrasi dalam belajar.

Masalah terpilih yang akan diselesaikan
• Kurangnya minat siswa dalam membaca dan materi pembelajaran teks pendek sederhana.

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1).
• Lampiran LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan.



Comments