Contoh LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah PPG Dalam Jabatan Tahun 2023
Senang sekali bisa berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda berada di sini karena Anda memahami pentingnya berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan. Memahami permasalahan yang ada dalam dunia pendidikan, mulai dari hambatan belajar siswa hingga dinamika interaksi di dalam kelas, merupakan kunci pertama untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.
Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda melalui beberapa tahap proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab permasalahan. Tujuannya adalah untuk membekali Anda dengan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk menganalisis dan menangani permasalahan yang mungkin Anda temui dalam dunia pendidikan.
Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami proses penentuan penyebab permasalahan pada kegiatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengerjakan lembar kerja (LK).
Untuk itu, kami juga menyediakan beberapa contoh LKS dan instruksi kerja dalam tahap penentuan penyebab permasalahan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda dikelas.
LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah
Petunjuk Pengisian Lembar Kerja:
Setelah mengeksplorasi penyebab-penyebab masalah, langkah selanjutnya adalah menentukan akar penyebab masalah yang peling mendekati konteks yang dihadapi guru di kelas/sekolahnya. Gunakan petunjuk berikut untuk membantu Anda dalam penentuan akat penyebab masalah.
Contoh LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memahami pembelajaran dan contoh-contoh mengisi lembar kerja dalam eksplorasi penyebab masalah PPG dalam jabatan adalah sebagai berikut;
LK 1.3 Penentuan Akar Penyebab Masalah
Nama Mahasiswa: ____
Asal Institusi: _____
Masalah yang telah diidentifikasi
• Kurangnya kemampuan literasi.
Hasil eksplorasi penyebab masalah
• Kurangnya kemampuan menulis dan membaca peserta didik.
• Kurangnya kemampuan pemahaman bacaan peserta didik.
• Kesalahan konsep guru dalam memahami literasi.
• Kurangnya minat baca peserta didik.
• Guru belum merancang pembelajaran yang mengaktifkan peserta didik.
• Kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengolah informasi.
Akar penyebab masalah
• Kurangnya kemampuan pemahaman bacaan peserta didik.
Analisis akar penyebab masalah
• Peserta didik masih kesulitan dalam memahami isi bacaan teks narasi sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan literasi pada peserta didik.
Masalah terpilih yang akan diselesaikan
• Fase F Kelas XII. Muatan Pelajaran: Bahasa Inggris. Elemen: Membaca dan Memirsa. Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
Sumber:
• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1).
• Lampiran LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan.
.jpg)
.jpg)
Comments
Post a Comment