Contoh Format LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Dalam Jabatan 2023


Memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan dalam kegiatan belajar siswa hingga interaksi kegiatan siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif. Dalam kegiatan ini, mahasiswa atau guru harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Kegiatan pembelajaran tersebut dirancang dalam bentuk lembar kerja.

Langkah-langkah untuk memahami proses dalam kegiatan pembelajaran ini, dirancang khusus untuk membantu Anda mengerjakan Lembar Kerja (LK) 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi. Untuk itu, kami menyediakan beberapa contoh LKS dan petunjuk pengerjaan pada tahap eksplorasi alternatif solusi PPG Dalam Jabatan yang dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Dalam kegiatan PPG, mahasiswa PPG dituntut untuk menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Pada kegiatan LK atau LKS Eksplorasi Alternatif Solusi, mahasiswa PPG diminta untuk mengumpulkan data-data observasi, mengidentifikasi permasalahan, dan kemudian merumuskan masalah dalam pembelajaran.

Format Lembar Kerja (LK)

Berikut adalah format lembar kerja eksplorasi alternatif solusi;

Format LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Sebagai panduan mengisi lembar kerja peserta PPG, mahasiswa dan guru akan diberikan LKS yaitu LK 2.1. Eksplorasi Alternatif Solusi untuk menemukan dari hasil kegiatan tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dalam mengerjakan lembar kerja sebagai berikut;

Mahasiswa peserta PPG melakukan observasi atau pengamatan kelas / visual / audio visual / audio / laporan atau kasus-kasus dalam pelaksanaan pembelajaran dilapangan / disekolah masing-masing sesuai dengan mata pelajaran yang diampu. Melakukan analisis kompetensi atau capaian pembelajaran mata pelajaran yang akan diampu. Berdiskusi dengan mahasiswa lainnya, penelitian dengan dosen dan Guru Pamong, atau studi referensi untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab permasalahan dan pencapaian pembelajaran. Menuangkan berbagai permasalahan pembelajaran ke dalam format analisis penyebab permasalahan yang ditemukan. Hasil rumusan masalah yang diperoleh pada kegiatan ini ke LK 2.1.

Contoh Analisis LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Sebagaimana contoh penyelesaian LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Daljab 2023 dikutip dari sumber mahasiswa peserta PPG, adalah sebagai berikut;

Data Observasi

• Siswa terlihat kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan sering mengantuk ketika pembelajaran sedang berlangsung. Siswa kurang bersemangat dan sepertinya mereka lelah.
• Sebagian besar siswa kelas XII kurang menyukai pelajaran bahasa Inggris materi teks / monolog yang dianggap sulit dan membosankan, sehingga segera dicarikan solusi yang tepat, agar tidak menjadi beban siswa dan mampu mengangkat prestasi hasil belajar siswa.
• Materi kelas XII, Report text, topik tourism, memiliki hambatan dalam pembelajaran sebagai berikut;
• Siswa pasif dalam pembelajaran.
• Nilai peserta didik banyak yang dibawah KKM.
• Kurangnya antusias siswa dalam KBM.
• Siswa masih kesulitan membaca teks monolog Report.
• Hasil evaluasi siswa menyatakan, beberapa siswa sulit menghafal kosakata dalam teks bahasa Inggris.
• Hasil evaluasi siswa masih kesulitan menulis kosakata teks monolog bahasa Inggris dalam kehidupan sehari- hari.

Identifikasi Masalah

• Guru mengajar dengan gaya yang monoton sehingga membuat siswa bosan (Menjelaskan dengan metode ceramah dan siswa disuruh menyimak buku, menyuruh mengerjakan latihan soal dan melaksanakan ulangan). Siswa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
• Siswa kurang merespon dalam KBM.
• Banyak siswa yang kurang memahami materi, namun malu untuk bertanya.
• Komunikasi menggunakan tehnologi masih kurang efektif (daring).
• Pembelajaran daring membuat siswa kurang kreatif dalam membaca teks monolog bahasa Inggris.
• Guru masih kurang maksimal dalam menjelaskan dan memberikan contoh langsung dalam menghafal dan mengidentifikasi teks bahasa Inggris.
• Guru kurang jelas dalam memberikan contoh yang mudah tentang struktur teks bahasa Inggris Report.

Rumusan Masalah

• Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris dan dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa kelas XII?
• Bagaimana untuk membuat siswa lebih aktif dalam proses KBM?
• Bagaimana cara meningkatkan capain hasil belajar siswa?
• Media dan metode apakah yang tepat untuk untuk pembelajaran jarak jauh (daring)?
• Apakah penggunaan media PPT dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam materi teks monolog sederhana bahasa Inggris?
• Apakah penggunaan video animasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nama dan jenis beberapa obyek wisata?

Rencana Aksi / Solusi

• Menyiapkan rancangan pembelajaran mencakup metode, media dan strategi mengajar yang dapat menggugah keaktifan siswa sehingga siswa bersemangat dalam belajar dan merasa terlibat dalam pembelajaran.
• Dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran bahasa Inggris materi tourism kelas XII SMA, siswa diharapkan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan agar tidak menjadi beban bagi siswa dan mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa.
• Merancang pembelajaran yang berinovasi, misalnya menggunakan PPT dengan gambar- gambar animasi obyek wisata.
• Merancang pembelajaran yang mudah untuk dipahami siswa menggunakan metode yang tepat dengan merancang media yang diminati siswa.
• Menggunakan aplikasi PPT untuk memberikan gambar-gambar obyek wisata.
• Menggunakan video pembelajaran tentang materi nama dan jenis beberapa obyek wisata.

Keterangan

• Observasi Guru dan Siswa kelas XII tahun 2022.

Sumber:

• Lembar kerja Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Materi Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1).
• Contoh Lampiran LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments

Popular Posts