Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG daljab 2023


Memahami berbagai permasalahan yang ada dalam pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan dalam kegiatan belajar hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif. Artikel ini dibuat untuk menemukan dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda dalam beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab masalah yang sering ditemui dalam pembelajaran di sekolah.

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Dalam kegiatan Pendidikan Profesi Guru (PPG), mahasiswa atau guru sebagai peserta harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, tugas-tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja. Untuk itu dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami proses penentuan masalah dalam kegiatan eksplorasi alternatif solusi yang khusus untuk membantu Anda mengerjakan tugas Lembar Kerja (LK) 2.1.

Untuk itu, kami juga menyediakan beberapa contoh LKS dan petunjuk pengerjaan pada tahap penentuan penyebab masalah yang dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.

Format Lembar Kerja (LK)

Berikut adalah format lembar kerja eksplorasi alternatif solusi;

Format LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Berikut ini adalah langkah pemahaman dalam mengisi lembar kerja eksplorasi alternatif solusi dalam kegiatan PPG dalam jabatan 2023, melalui contoh dan cara mengisi meliputi hal-hal;

Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Masalah dalam Pembelajaran

1. Minat belajar siswa yang  rendah dalam membaca teks Report untuk pembelajaran bahasa inggris.
2. Guru mengajar bahasa inggris di kelas masih menggunakan metode yang monoton dan tidak inovatif.

Penyebab Masalah

Penyebab permasalahan pada siswa;
1. Sebagian besar siswa berada di asrama / pondok, karena kegiatan dan aktifitas siswa cukup padat, membuat siswa lelah.
2. Kegiatan belajar siswa di sekolah dalam menerima pelajaran tidak konsentrasi.
3. Akibat siswa tidak konsentrasi maka hasil pembelajaran nilai siswa rendah, terkait pada teks Report.

Penyebab permasalahan pada guru;
1. Guru dalam melaksanakan pembelajaran lebih sering ceramah.
2. Guru mengajar belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif, seperti menggunakan aplikasi teknologi.
3. Guru tidak menggunakan media teknologi aplikasi seperti youtube, Instagram dan facebook.

Alternatif solusi;

Berdasarkan hasil Kajian Literatur:
Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Isi Teks melalui Penerapan Model Problem Based Learning.

Beberapa hal yang dilakukan adalah sebagai berikut;
1. Memberikan materi Bahasa Inggris teks report yang menarik dan menyenangkan, contohnya bangunan bersejarah Candi Borobudur.
2. Menggunakan materi yang mudah dan ringan dalam pembelajaran teks Report. Contohnya topik sejarah Borobudur.

Alternatif solusi;
Berdasarkan hasil Kajian Literatur:
Dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ).

Hal-hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut;
1. Menggunakan metode yang inovatif dengan melibatkan siswa dan guru aktif.
2. Guru dan siswa berkolaborasi untuk terlibat dalam masalah yang sama di dalam pembelajaran.

Kelebihan

Kelebihan
1. Menantang kemampuan siswa dan memberikan kepuasan dalam menemukan pengetahuan yang baru bagi siswa.
2. Meningkatkan motivasi, minat dan aktivitas belajar siswa.
3. Membantu siswa dalam mentransfer pengetahuan siswa untuk memahami permasalahan yang ada di dunia nyata.
4. Membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan baru dan bertanggung jawab atas pembelajarannya.

Keunggulan metode pembelajaran learning starts with a question adalah sebagai berikut:
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar. 
2. Pembelajaran dapat lebih menarik. 
3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar.
4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek. 
5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan. 
7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan. 
8. Peran guru berubah kearah yang positif.

Kekurangan

Kelemahan
1. Ketika siswa tidak mempunyai niat atau tidak yakin bahwa masalah yang dipelajari sulit dipecahkan, maka siswa akan merasa malas untuk mencoba.
2. Ada sebagian siswa yang beranggapan bahwa tanpa memahami materi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah, mengapa mereka harus mencoba menyelesaikan masalah yang dipelajarinya, maka mereka akan mempelajari apa yang ingin mereka pelajari.

Kekurangan metode pembelajaran learning starts with a question adalah sebagai berikut:
1. Membutuhkan waktu panjang jika banyak pertanyaan yang dilontarkan siswa.
2. Jika guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab, pertanyaan atau jawaban bisa melantur jika siswa tersebut tidak belajar atau tidak menguasai materi.
3. Apatis bagi siswa yang tidak terbiasa berbicara dalam forum atau siswa yang pasif. 
4. Mensyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topik atau masalah yang diskusikan.

Mitigasi

Kelemahan dapat diatasi dengan:
1. Guru menyiapkan permasalahan yang relevan agar siswa mampu memecahkannya.
2. Apabila siswa tidak mampu menyelesaikan masalahnya, guru selalu membimbing dan mendampingi siswa serta melibatkan siswa dalam mencari ide dan menceritakan kembali apa yang dipikirkannya.

Dalam pembelajaran guru dapat melakukan hal-hal seperti;
1. Karena jumlah siswa 11, maka disetiap kelompok dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 1 kelompok tiga siswa dan 2 kelompok 4 siswa, 1 siswa dalam masing-masing kelompok sebagai pembicara.
2. Guru membagi waktu pembelajaran menjadi 3 tahap yaitu tahap pembuatan tugas,  tahap berkeliling kelompok dan tahap refleksi.
Sumber:
• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Materi Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments

Popular Posts