Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG daljab 2023


Memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan dalam kegiatan belajar siswa hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda dalam beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab masalah yang sering ditemui dalam pembelajaran.

Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru sebagai peserta harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, tugas-tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja.

LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan eksplorasi alternatif solusi yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengerjakan Lembar Kerja (LK) 2.1.

Untuk itu, kami juga menyediakan beberapa contoh LKS dan petunjuk pengerjaan pada tahap penentuan penyebab masalah yang dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.

Format Lembar Kerja (LK)

Berikut adalah format lembar kerja eksplorasi alternatif solusi;

Format LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Berikut contoh pengisian lembar kerja eksplorasi alternatif solusi pada PPG dalam jabatan siklus 2 tahun 2023 adalah;

Masalah dalam Pembelajaran

• Siswa masih kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran text Report / teks Laporan.
• Pemanfaatan teknologi / inovasi dalam pembelajaran di kelas.

Penyebab Masalah
• Rendahnya pemahaman dari perserta didik mengenai text Report / teks Laporan, dikarenakan penguasaan kosakata yang rendah.
• Kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi / inovasi pada pembelajaran masih kurang.

Alternatif solusi:

• Disajikan sebuah gambar kemudian siswa bersama-sama dengan pendampingan guru menentukan kosa kata yang terkait dengan text Report / teks Laporan dengan menggunakan  sticky note.

Hasil kajian literatur;
• Cara menggunakan media visual adalah cara siswa untuk berhubungan dengan  apa  yang disajikan  di  dunia  nyata.  Dengan  menunjukkan  gambar,  guru  membantu  siswa  untuk berpikir. Dengan  kata  lain,  gambar  dapat digunakan  dalam  pengajaran  untuk  mendorong siswa belajar bahasa Inggris, karena siswa dapat melihat hal-hal yang nyata.

Alternatif solusi:
• Mengadakan pelatihan mandiri untuk meningkatkan kemampuan dibidang E learning (google meet, google classroom, canva).

Hasil Kajian literatur;
• Ilmu pengetahuan kian hari semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Keberadaan guru berkompeten dan profesional adalah salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi guna meningkatkan kualitas pendidikan agar dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Seperti dijelaskan dalam pelaksanaan tugasnya, guru dituntut untuk memiliki kemampuan atau keterampilan yang beraneka ragam serta didasari bahwa kemampuan dan keterampilan sebagai kebutuhan dari sebuah profesi guru.

• Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain sebagai berikut;
a. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah pendidik bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b. Munculnya metode-metode pembelajaran baru, yang memudahkan peserta didik dan pendidik memiliki kompetensi dalam memiliki informasi, media dan teknologi, atau dengan kata lain mereka harus melek informasi, melek media, dan melek TIK.

Kelebihan

1. Gambar lebih nyata daripada kata-kata.
2. Pilihan yang disajikan lebih banyak.
3. Lebih murah dan mudah dibawa.

Kelebihan penerapan e-learning:
1. Mudah diakses.
2. Biaya lebih terjangkau.
3. Waktu pembelajaran fleksibel.
4. Wawasan luas.

Kekurangan
1. Seringkali kurang tepat untuk pengajaran dalam kelompok besar.
2. Memerlukan ketersediaan keterampilan guru dan sumber wawasan untuk dapat memanfaatkannya.

Kekurangan penerapan e-learning:
1. Akses internet terbatas.
2. Interaksi dengan guru berkurang.
3. Pemahaman terhadap materi.
4. Pengawasan dalam pembelajaran sangat minim.

Mitigasi

• Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru membagi siswa menjadi kelompok kecil untuk menggunakan media berbentuk gambar.
• Guru dapat menyesuaikan dengan mencari gambar-gambar yang sesuai dengan materi pembelajaran di internet.
• Sekolah lebih sering mengadakan pelatihan dan workshop bagi guru terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dan guru menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran sebagai media.

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments

Popular Posts