Contoh LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Daljab 2023


Merupakan suatu kebahagiaan untuk dapat berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda hadir di sini karena memahami pentingnya untuk berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan. Memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari hambatan belajar siswa hingga dinamika interaksi di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Kegiatan pembelajaran ini dituangkan dalam lembar kerja. Artikel ini dibuat untuk mengerjakan dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda melalui beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran di kelas.

LK 2.1 EKSPLORASI ALTERNATIF SOLUSI

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan mengisi lembar kerja dalam proses eksplorasi alternatif solusi dengan kegiatan pembelajaran yang diberikan khusus untuk membantu Anda dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK). Untuk itu, kami menyediakan contoh LKS dan petunjuk pengerjaan pada tahap ini yang dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.

Format Lembar Kerja (LK)

Berikut adalah format isian lembar kerja (LK) 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi;

Format LK 2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Contoh LK 2.1 EKSPLORASI ALTERNATIF SOLUSI

Contoh pengisian lembar kerja eksplorasi alternatif solusi, diambil dari salah satu peserta PPG Dalam Jabatan, adalah sebagai berikut;

Masalah dalam Pembelajaran

1. Siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran teks deskriptif.
2. Pemanfaatan teknologi / inovasi dalam pembelajaran.

Penyebab Masalah

• Pemahaman siswa yang rendah terhadap teks deskriptif dikarenakan penguasaan kosakata yang kurang.
• Kurangnya kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

Alternatif solusi:

• Sebuah gambar disajikan, kemudian siswa bersama dengan bimbingan guru menentukan kosakata terkait teks tersebut dengan menggunakan catatan tempel (sticky note).

Hasil kajian literatur
• Cara penggunaan media visual merupakan cara agar siswa dapat mengaitkan dengan apa yang disajikan di dunia nyata. Dengan memperlihatkan gambar, guru membantu siswa untuk berpikir. Dengan kata lain, gambar dapat digunakan dalam pengajaran untuk mendorong siswa belajar bahasa Inggris, karena siswa dapat melihat hal-hal yang nyata.

Alternatif solusi:
• Menyelenggarakan pelatihan mandiri untuk meningkatkan keterampilan di bidang E-learning (Google Meet, Google Classroom, Canva).

Hasil Kajian literatur
• Ilmu pengetahuan semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi. Keberadaan guru yang kompeten dan profesional merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi guna meningkatkan mutu pendidikan agar dapat bersaing dengan negara maju lainnya. Dalam melaksanakan tugasnya, guru dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan atau keterampilan dan didasarkan pada kemampuan dan keterampilan tersebut sebagai syarat dari sebuah profesi guru.

Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam bidang pendidikan, antara lain sebagai berikut;
a. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pusat pendidikan. Dampak dari hal tersebut adalah pendidik bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. 
b. Munculnya metode pembelajaran baru, yang memudahkan peserta didik dan pendidik untuk memiliki kompetensi dalam menguasai informasi, media, dan teknologi, atau dengan kata lain harus melek informasi, melek media, dan melek TIK.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan
1. Gambar lebih realistis daripada kata-kata.
2. Pilihan yang disajikan lebih banyak.
3. Lebih murah dan mudah dibawa.

Kelebihan penerapan e-learning:
1. Mudah diakses.
2. Biaya lebih terjangkau.
3. Waktu pembelajaran fleksibel.
4. Wawasan luas.

Kekurangan
1. Seringkali kurang sesuai untuk pengajaran dalam kelompok besar.
2. Memerlukan ketersediaan sumber keterampilan dan wawasan guru untuk dapat memanfaatkannya.

Kekurangan penerapan e-learning:
1. Akses internet terbatas.
2. Interaksi dengan guru berkurang.
3. Pemahaman materi kurang.
4. Supervisi dalam pembelajaran minim.

Mitigasi

1. Dibentuk kelompok-kelompok kecil dalam penggunaan media gambar.
2. Guru dapat mencari gambar yang sesuai dengan materi di internet.
3. Sekolah lebih sering mengadakan pelatihan bagi guru terkait pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dan guru menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran sebagai media.

Sumber:

• Mahasiswa peserta PPG Dalam Jabatan 2023.
• Materi Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments

Popular Posts