Contoh LK 2.3 Rencana Aksi PPG Dalam Jabatan 2023
Dalam memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan pada kegiatan belajar siswa hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.
Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda dalam beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab masalah yang sering ditemui dalam pembelajaran siswa di kelas.
Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru sebagai peserta harus mengisi dan menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, tugas-tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja (LK).
LK 2.3 Rencana Aksi
Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami tahap proses rencana aksi dari penyebab masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Kegiatan pembelajaran ini disusun khusus untuk membantu Anda dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK) 2.3 Rencana Aksi.
Untuk itu, kami juga menyediakan format lembar kerja dan petunjuk pengerjaan serta contoh lembar kerja pada kegiatan tahap proses rencana aksi. Contoh lembar kerja ini mungkin dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.
Format Lembar Kerja (LK) Rencana Aksi
Berikut adalah format lembar kerja rencana aksi meliputi hal-hal;
Petunjuk Pengerjaan LK 2.3 Rencana Aksi
Berikut adalah langkah pemahaman dalam mengisi lembar kerja rencana aksi meliputi;
Kolom (1) Tujuan;
• Apa hasil yang diinginkan?
Tujuan ini diturunkan dari CP/ KD dokumen kurikulum dan dikaitkan dengan permasalahan yang diidentifikasi.
Kolom (2) Bukti Penilaian;
• Apakah bukti penilaian yang harus ada untuk membuktikan bahwa siswa telah mencapai / menuju tujuan pembelajaran?
Kolom (3) Kegiatan belajar dan asesmen formative;
• Kegiatan atau aktivitas apa yang secara bertahap dapat membantu siswa memberikan bukti penilaian dan mencapai tujuan pembelajaran?
• Kegiatan atau aktivitas apa yang dilakukan guru (dan siswa) untuk mengetahui hambatan siswa dan memantau ketercapaian tujuan?
Contoh LK 2.3 Rencana Aksi
Berikut contoh lembar kerja yang diambil dari tugas kegiatan pembelajaran dalam rencana aksi;
Tujuan;
Fase F
Elemen Membaca dan Memirsa
Capaian Pembelajaran
Pada akhir Fase F, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, eksposisi, prosedur, argumentasi, dan diskusi secara mandiri. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu dan membaca untuk kesenangan. Mereka mencari, membuat sintesis dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka menunjukkan pemahaman terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam teks.
Tujuan Pembelajaran;
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Deskripsi bahasa Inggris secara kritis, kreatif dan santun.
2. Peserta didik dapat menganalisis makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Deskripsi bahasa Inggris secara kritis, kreatif dan santun.
Bukti penilaian;
Teknik Penilaian Pembelajaran
• Penilaian Sikap:
Non-test, Teknik penilaian: observasi.
Instrumen: lembar observasi guru.
• Pengetahuan: Test
• Keterampilan: Unjuk kerja
Kegiatan belajar dan asesmen formative;
Kegiatan atau aktivitas yang secara bertahap dapat membantu siswa untuk penilaian dan mencapai tujuan pembelajaran:
Kegiatan Pembelajaran;
Tahap 1: Pendahuluan (10 menit)
• Guru memberi salam (greeting).
• Guru meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa.
• Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
• Guru memotivasi peserta didik agar terlibat aktif dalam pembelajaran.
• Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran topik teks Deskripsi bahasa Inggris dengan judul tourism place.
• Guru meminta peserta didik untuk memilih teks Deskripsi bahasa Inggris tentang tourism place.
• Guru meminta peserta didik untuk membaca teks.
Tahap 2: Kegiatan Inti (60 menit)
• Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
• Guru memutarkan video tentang tourism place (example of classifying Descriptive text).
• Guru bertanya pada peserta didik tentang materi yang dipelajari.
• Guru membagikan LKPD.
• Guru meminta peserta didik berdiskusi untuk mengerjakan LKPD; menganalisa isi, social function, dan general structure, classifying Descriptive text dengan topik tourism places.
• Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal secara mandiri.
• Guru meminta siswa menuliskan hasil diskusi pada LKPD.
• Guru berkeliling dari kelompok satu ke kelompok yang lain.
• Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi.
• Guru meminta kelompok lain untuk saling memberi tanggapan.
• Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik.
• Guru meminta siswa untuk mempresentasikan melalui membaca didepan kelas.
Tahap 3: Kegiatan Penutup (10 menit)
• Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran dengan menggunakan canva presentation.
• Guru melaksanakan refleksi pembelajaran dengan peserta didik.
• Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
• Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
• Leave taking. Berdoa.
Sumber:
• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Materi Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.
.jpg)
Comments
Post a Comment