Contoh LK 2.3 Rencana Aksi PPG Dalam Jabatan 2023


Dalam memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan pada kegiatan belajar siswa hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda dalam beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab masalah yang sering ditemui dalam pembelajaran siswa di kelas.

Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru sebagai peserta harus mengisi dan menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, tugas-tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja (LK).

LK 2.3 Rencana Aksi

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami tahap proses rencana aksi dari penyebab masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Kegiatan pembelajaran ini disusun khusus untuk membantu Anda dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK) 2.3 Rencana Aksi.

Untuk itu, kami juga menyediakan format lembar kerja dan petunjuk pengerjaan serta contoh lembar kerja pada kegiatan tahap proses rencana aksi. Contoh lembar kerja ini mungkin dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.

Format Lembar Kerja (LK) Rencana Aksi

Berikut adalah format lembar kerja rencana aksi yang perlu diperhatikan meliputi hal-hal;

Format LK 2.3 Rencana Aksi

Petunjuk Pengerjaan LK 2.3 Rencana Aksi

LK 2.3 Rencana Aksi berisi desain atau rancangan perangkat pembelajaran yang berfokus pada tiga komponen utama yaitu tujuan, bukti penilaian, dan kegiatan belajar termasuk di dalamnya asesmen formatif. Rancangan ini disusun berdasar backward design dalam konsep Understanding by Design (UbD) dalam bahan bacaan MK ini.

Berikut ini adalah contoh pengisian lembar kerja rencana aksi meliputi;

LK 2.3 Rencana Aksi

Tujuan (1);
• Apa hasil yang diinginkan?
Tujuan ini diturunkan dari CP/ KD dokumen kurikulum dan dikaitkan dengan permasalahan yang diidentifikasi.

Bukti penilaian (2);
• Apakah bukti penilaian yang harus ada untuk membuktikan bahwa siswa telah mencapai / menuju tujuan pembelajaran?

Kegiatan belajar dan asesmen formative (3);
• Kegiatan atau aktivitas apa yang secara bertahap dapat membantu siswa memberikan bukti penilaian dan mencapai tujuan pembelajaran?

• Kegiatan atau aktivitas apa yang dilakukan guru (dan siswa) untuk mengetahui hambatan siswa dan memantau ketercapaian tujuan?

Contoh LK 2.3 Rencana Aksi

Tujuan;
Fase; F
Elemen; Membaca dan Memirsa 
Capaian Pembelajaran;
Pada akhir Fase F, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, eksposisi, prosedur, argumentasi, dan diskusi secara mandiri. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu dan membaca untuk kesenangan. Mereka mencari, membuat sintesis dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Mereka menunjukkan pemahaman terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam teks.

Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan secara kritis, kreatif dan santun.

2. Peserta didik dapat menganalisis makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan secara kritis, kreatif dan santun.

Bukti penilaian
Teknik Penilaian Pembelajaran;
• Penilaian Sikap: Non-test
Teknik penilaian: observasi.
Instrumen: lembar observasi guru.
• Pengetahuan: Test
• Keterampilan: Unjuk kerja

Kegiatan belajar dan asesmen formative
Kegiatan atau aktivitas yang secara bertahap dapat membantu siswa untuk penilaian dan mencapai tujuan pembelajaran:

Kegiatan Pembelajaran;
1. Pendahuluan 10 menit
• Guru memberi salam.
• Guru meminta peserta didik untuk doa.
• Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
• Guru memotivasi peserta didik agar terlibat aktif dalam pembelajaran.
• Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti 60 menit
• Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
• Guru meminta peserta didik untuk memilih materi yang akan dipelajari.
• Guru memutarkan video pembelajaran.
• Guru meminta peserta didik untuk melihat video.
• Guru bertanya pada peserta didik tentang materi yang ada di video.
• Guru membagikan LKPD.
• Guru meminta siswa menuliskan hasil diskusi pada LKPD.
• Guru berkeliling dari kelompok satu ke kelompok yang lain.
• Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi.
• Guru meminta kelompok lain untuk saling memberi tanggapan.
• Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik.
• Guru meminta siswa mempresentasikan melalui membaca untuk didepan kelas.
• Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal secara mandiri.

3. Kegiatan Penutup 10 menit
Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
• Guru melaksanakan refleksi pembelajaran dengan peserta didik.
• Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
• Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
• Leave taking. Berdoa.

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Materi Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments