2 Contoh LK 2.4 Rencana Evaluasi PPG Dalam Jabatan 2023


Merupakan suatu kebahagiaan untuk dapat berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Saat ini Anda sangat memahami pentingnya berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan.

Memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan dalam kegiatan belajar siswa hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

LK 2.4 Rencana Evaluasi

Merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan memahami tahapan proses rencana evaluasi, sebagai langkah selanjutnya dari pemahaman kegiatan pembelajaran pada rencana tindakan sebelumnya.

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan memahami tahap proses rencana evaluasi, dari kegiatan pembelajaran sebelumnya. Kegiatan pembelajaran ini membantu Anda dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK), yaitu LK 2.4 Rencana Evaluasi.

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi

Proses kegiatan pembelajaran ini secara khusus dirancang untuk membantu Anda sebagai panduan dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK) yaitu LK 2.4 Rencana Evaluasi. Berikut ini adalah format pengisian LKS rencana evaluasi;

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi


Petunjuk Pengisian LK 2.4

LK 2.4 Rencana Evaluasi berisi rancangan atau draft instrumen yang akan digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan observasi dan evaluasi / refleksi kritis terhadap pelaksanaan rencana tindakan (berupa modul ajar / RPP) yang telah disusun.

Dalam LK ini diberikan dua contoh rancangan, apabila mahasiswa menggunakan rencana evaluasi yang sama, mahasiswa tinggal melengkapi link instrumen siap pakai. Mahasiswa juga dapat menambahkan metode atau instrumen lain yang dirasa sesuai.

Berikut ini adalah contoh petunjuk pengerjaan lembar kerja rencana evaluasi pada PPG Dalam Jabatan yang mungkin terkait dengan pembelajaran siswa di kelas;

Petunjuk Mengisi LK 2.4. Rencana Evaluasi

Kolom (1) Metode;
• Observasi pembelajaran
• Refleksi
• Tambahkan metode lain jika ada.

Kolom (2) Kebutuhan Instrumen;
• Lembar checklist observasi
• Lembar Refleksi berisi daftar pertanyaan reflektif.
• Tambahkan kebutuhan instrumen sesuai dengan metode.

Kolom (3) Rencana pengembangan;
• Pengembangan dari modul  / RPP (bagian aktivitas dan asesmen) dengan penambahan kolom keterlaksanaan / ketidakterlaksanaan serta kolom catatan.
• Menyusun 5 pertanyaan reflektif atas keterlaksnaan / ketidakterlaksanaan rencana aksi.
• Deskripsikan singkat rencana pengembangan.

Kolom (4) Hasil;
• Link instrumen (https://drive.google.com/file/d/Survei siswa terkait pembejaran yang dilaksanakan guru.
• Link instrumen; Survei siswa terkait pembejaran yang dilaksanakan guru. (https://drive.google.com/file/d/)
• Tautkan instrumen; Menyusun daftar pertanyaan dan respon survey yang bisa diisi oleh peserta didik.
https://drive.google.com/file/d/


Contoh LK 2.4. Rencana Evaluasi

Berikut disajikan contoh lembar kerja dalam mengerjakan LK 2.4 Rencana Evaluasi pada PPG Dalam Jabatan yang mungkin terkait dengan pembelajaran siswa di kelas;

Contoh 1; LK 2.4 Rencana Evaluasi

Lembar Ceklist Keterlaksanaan Observasi Pembelajaran


Identitas;
Nama Mahasiswa: ......
Bidang studi: .....
Asal sekolah: ....

Tujuan Pembelajaran;
1. Siswa berkemampuan memahami bacaan pendek sederhana teks Deskripsi / Descriptive text secara mudah dan jelas.
2. Siswa dapat membaca bacaan pendek sederhana teks Deskripsi / Descriptive text dengan santun, nyaring dan jelas.

Kegiatan Pembelajaran; 
1. Pendahuluan (10 menit);
• Guru memberikan salam dan mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
• Guru mengecek kehadiran (absensi) peserta didik.
• Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu "Indonesia Raya" bersama-sama.
• Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan.
• Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
• Guru melakukan apersepsi dengan melakukan salah satu kegiatan berikut, yaitu tanya jawab, mengulas kembali beberapa hal tentang kegiatan sebelumnya.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu setiap kelompok mengamati alat transportasi yang ada di lingkungan sekolah.
• Peserta didik dan guru mengamati tayangan video tentang alat-alat transportasi dan kegunaannya.
• Guru memberikan bahan bacaan tentang beberapa jenis dan macam alat transportasi.
• Setelah selesai, peserta didik berlatih membuat pertanyaan dan jawaban sesuai gambar yang berkaitan dengan jenis alat transportasi.
• Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang fungsi alat transportasi.
• Dengan bimbingan guru peserta didik mendiskripsikan jenis alat-alat transportasi dan masing-masing kegunaannya.
• Peserta didik berlatih menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan alat transportasi.

3. Penutup  (10 menit)
• Guru dan peserta didik melakukan kegiatan refleksi.
• Bersama-sama berdoa.

Contoh Lembar Keterlaksanaan Refleksi Guru

Berikut disajikan contoh lembar keterlaksanaan refleksi guru, meliputi;

Identitas:
Mata Pelajaran : ....
Sekolah              : ....
Kelas/Semester : ...

Pertanyaan;
1. Apakah Guru sudah menyiapkan dan membagikan bahan bacaan yang akan dipelajari yaitu bahan bacaan berisi gambar (hand out) dan mengingat kembali teks pendek sederhana teks Deskripsi / Descriptive text yang pernah mereka baca?
2. Apakah Guru sudah meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara kelompok?
3. Apakah Guru meminta siswa memberikan garis bawah pada saat membaca untuk kata-kata yang dianggap penting dalam bacaan dengan teman sekelompok?
4. Apakah Guru sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa?
5. Apakah Guru sudah mendokumentasikan hasil pemaparan siswa?

Contoh Lembar Keterlaksanaan Refleksi Siswa

Berikut disajikan contoh lembar keterlaksanaan refleksi siswa, meliputi;

Identitas;
Mata Pelajaran : .....
Sekolah              : ......
Kelas/Semester: .....

Pertanyaan;
1. Apakah menurut siswa mempelajari bacaan pendek sederhana teks Deskripsi / Descriptive text mudah dan menyenangkan?
2. Apakah siswa mempelajari bacaan pendek sederhana teks Deskripsi / Descriptive text secara kelompok diluar kelas menarik?
3. Apakah siswa dapat memahami struktur teks Deskripsi / Descriptive text secara baik?
4. Apakah siswa mendapatkan manfaat setelah mempelajari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa?
5. Apakah siswa mendokumentasikan hasil pemaparan dan diskusi dengan mudah?

Contoh 2; LK 2.4 Rencana Evaluasi

Lembar Ceklist Keterlaksanaan Observasi Pembelajaran

Identitas;
Guru Pengampu : .....
Mapel                   : ......
Kelas/Semester   : ....
Fase / Elemen      : ....
Hari, Tanggal      : .....

Kegiatan Pembelajaran;
1. Pendahuluan (10 menit)
Guru memberi salam kepada siswa.
• Berdoa 
• Absensi siswa atau mengecek siswa yang tidak masuk.
• Mengajak siswa untuk mengingat kembali teks pendek sederhana teks Report yang pernah mereka baca.
• Guru memancing siswa untuk bertanya tentang pengalaman siswa dalam membaca teks Report.
• Guru bertanya berapa kali mereka membaca teks Report dalam seminggu.
• Guru bertanya berapa kali mereka mengunjungi perpustakaan dan tentang judul teks Report apa saja yang pernah mereka baca.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Penyajian Pembelajaran: 
• Guru membagikan bahan bacaan yang akan dipelajari. Menggunakan bahan bacaan berisi gambar (hand out) untuk memberikan stimulus rasa ingin tahu siswa.
• Guru meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara kelompok.
Siswa memberikan garis bawah pada saat membaca agar mengetahui kata-kata penting dalam bacaan.
• Guru meminta siswa untuk membuat catatan agar siswa dapat menghafal bacaan.
• Siswa membuat pengertian dan identifikasi bacaan dengan memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami.
• Guru meminta siswa untuk membahas kata-kata yang mereka belum pahami dengan teman yang lain.
Guru menjawab pertanyaan siswa tentang kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa dan sebaliknya.
• Guru memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui keaktifan siswa selama KBM berlangsung.
Membentuk kelompok belajar.
• Guru meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara kelompok.
• Guru meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara kelompok.
• Siswa memberikan garis bawah pada saat membaca agar mengetahui kata-kata penting dalam bacaan.
• Guru meminta siswa untuk membuat catatan agar siswa dapat menghafal bacaan.
• Siswa membuat pengertian dan identifikasi bacaan dengan memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami.
• Guru meminta siswa untuk membahas kata-kata yang mereka belum pahami dengan teman yang lain.
• Siswa berdiskusi mengerjakan LKS dan mencari pemecahan masalah.
• Siswa membuat hasil pengerjaan hasil LKS.
• Siswa mempresentasikan hasil Tugas LKS.

3. Penutup (10 menit)
• Guru memberikan saran untuk belajar lebih giat.
• Guru mengucapkan salam penutup.

Contoh Lembar Keterlaksanaan Refleksi Guru

Berikut disajikan contoh lembar keterlaksanaan refleksi guru, meliputi;

Identitas:
Mata Pelajaran : ....
Sekolah              : ....
Kelas/Semester : ...

Pertanyaan;
1. Apakah Guru sudah menyiapkan dan membagikan bahan bacaan yang akan dipelajari yaitu bahan bacaan berisi gambar (hand out) dan mengingat kembali teks pendek sederhana teks Report yang pernah mereka baca?
2. Apakah Guru sudah meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara kelompok?
3. Apakah Guru meminta siswa memberikan garis bawah pada saat membaca untuk kata-kata yang dianggap penting dalam bacaan dengan teman sekelompok?
4. Apakah Guru sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa?
5. Apakah Guru sudah mendokumentasikan hasil pemaparan siswa?

Contoh Lembar Keterlaksanaan Refleksi Siswa

Berikut disajikan contoh lembar keterlaksanaan refleksi siswa, meliputi;

Identitas;
Mata Pelajaran : ......
Sekolah              : .....
Kelas/Semester: .....

Pertanyaan;
1. Apakah menurut siswa mempelajari bacaan pendek sederhana teks Report mudah dan menyenangkan?
2. Apakah siswa mempelajari bacaan pendek sederhana teks Report secara kelompok diluar kelas menarik?
3. Apakah siswa dapat memahami struktur teks Report secara baik?
4. Apakah siswa mendapatkan manfaat setelah mempelajari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa?
5. Apakah siswa mendokumentasikan hasil pemaparan dan diskusi dengan mudah?

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.



Comments