Contoh LK 2.4 Rencana Evaluasi PPG Dalam Jabatan 2023


Dalam memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan pada kegiatan belajar hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda dalam beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab masalah yang sering ditemui dalam pembelajaran siswa di kelas.

Pada artikel ini akan diberikan contoh tugas dalam mengerjakan dan mengisi lembar kerja rencana evaluasi PPG dalam Jabatan.

LK 2.4 Rencana Evaluasi

Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru sebagai peserta harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, tugas-tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja.

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami proses rencana evaluasi dari kegiatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengerjakan Lembar Kerja (LK).

Untuk itu, kami menyediakan contoh format lembar kerja, petunjuk pengerjaan dan LKS pada tahap rencana evaluasi; LK 2.4 Rencana Evaluasi, yang mungkin dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi

Merupakan suatu kebahagiaan untuk dapat berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Memahami pentingnya berkontribusi dalam dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan.

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan memahami tahapan proses rencana evaluasi, langkah selanjutnya dari pemahaman kegiatan pembelajaran dalam rencana aksi sebelumnya.

Proses kegiatan pembelajaran ini secara khusus dirancang untuk membantu Anda sebagai panduan dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK) yaitu LK 2.4 Rencana Evaluasi. Berikut ini adalah format pengisian LKS rencana evaluasi;

Contoh Format LK 2.4 Rencana Evaluasi

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi

Petunjuk Pengerjaan LK 2.4

LK 2.4 Rencana Evaluasi berisi desain atau rancangan instrumen yang akan digunakan mahasiwa untuk melakukan observasi dan evaluasi / refleksi kritis terhadap keterlaksanaan rencana aksi (dalam bentuk modul ajar / RPP) yang telah dikembangkan.

Pada LK ini telah disediakan dua contoh desain, jika mahasiswa menggunakan rencana evaluasi yang sama, mahasiswa hanya tinggal melengkapi tautan instrumen  yang siap pakai. Mahasiswa juga dapat menambahkan metode atau instrumen lain yang dirasa sesuai.

Berikut adalah cara mengisi setiap kolom dalam lembar kerja rencana evaluasi, hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi;

Kolom (1); Metode
Kolom ini berisi tentang;
• Observasi pembelajaran
• Refleksi
• Tambahkan metode lain jika ada.

Kolom (2); Kebutuhan Instrumen
Kolom ini berisi tentang;
• Lembar checklist observasi.
• Lembar Refleksi; berisi daftar pertanyaan reflektif.
• Tambahkan kebutuhan instrument sesuai dengan metode (jika ada).

Kolom (3); Rencana pengembangan
Kolom ini berisi tentang;
• Pengembangan dari modul ajar / RPP (bagian aktivitas dan asesmen) dengan penambahan kolom keterlaksanaan / ketidakterlaksanaan serta kolom catatan.
• Menyusun 5 pertanyaan reflektif atas keterlaksanaan / ketidakterlaksanaan rencana aksi.
• Deskripsikan singkat rencana pengembangan.

Kolom (4); Hasil
Kolom ini berisi tentang hasil kegiatan pembelajaran sebelumnya yang dimasukkan dalam penyimpanan instrumen, yaitu Link instrumen dan Tautkan instrumen (jika ada).

Contoh Isian LK 2.4. Rencana Evaluasi

Berikut adalah contoh dalam mengisi lembar kerja rencana evaluasi, meliputi;

Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran

Identitas;

Mata pelajaran: .................
Sekolah: ...............
Fase: ...
Kelas / Semester: ..........

Tujuan Pembelajaran;

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan secara kritis, kreatif dan santun.
2. Peserta didik dapat menganalisis makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan secara kritis, kreatif dan santun.

Tahap pembelajaran;

• Orientasi masalah
• Keorganisasan peserta didik
• Membimbing peserta didik
• Penyajian hasil diskusi

Aspek Kegiatan Guru

1. Orientasi masalah
• Menyebutkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Memberitahukan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.
• Memotivasi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran Menggali kemampuan awal peserta didik.

2. Keorganisasan peserta didik
• Membagi peserta didik dalam kelompok heterogen.
• Melakukan cek per kelompok untuk membantu organisasi tugas peserta didik.
• Mengatur penggunaan waktu untuk diskusi kelas dengan tepat.
• Membimbing peserta didik menggunakan buku sumber
• Membimbing dan memotivasi peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai
• Mengarahkan perhatian peserta didik pada materi yang dihadapi pada masing-masing kelompok
• Melakukan cek pada tiap kelompok untuk memantau kegiatan peserta didik dalam kelompok.
• Mengusahakan agar setiap peserta didik dalam kelompok terlibat aktif dalam investigasi.
• Merangsang interaksi antar peserta didik dengan pertanyaan.
• Selama tahap pembimbingan, guru tidak langsung memberi jawaban setiap permasalahan kepada peserta didik.

3. Penyajian hasil diskusi
• Meminta peserta didik untuk menyiapkan hasil diskusi yang akan dipresentasikan.
• Memotivasi dan menganjurkan kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran
• Merangsang interaksi antar peserta didik pada saat diskusi kelas berlangsung.
• Memberikan umpan balik terhadap kesalahan peserta didik pada saat diskusi.
• Mengajukan pertanyaan yang relevan untuk membantu peserta didik dalam menemukan jawaban dari permasalahan yang didiskusikan
• Merespon terhadap aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik.

4. Analisis dan evaluasi proses mengatasi masalah
• Memberikan klarifikasi terhadap permasalahan yang telah didiskusikan
• Secara klasikal meminta peserta didik untuk memberikan kesimpulan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Contoh Lembar Observasi pembelajaran

Identitas;

Mata pelajaran: ...
Sekolah: ...
Fase: ...
Kelas / Semester: ....

Tujuan Pembelajaran;

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk laporan (Report) secara kritis, kreatif dan santun.
2. Peserta didik dapat menganalisis makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk laporan (Report) secara kritis, kreatif dan santun.

Kegiatan Pembelajaran;

1. Pendahuluan (10 menit)
Aktifitas pembelajaran;
Orientasi
• Guru memberikan salam (greeting).
• Guru meminta untuk berdoa.
• Guru memeriksa kehadiran.

Apersepsi dan Motivasi
• Guru memotivasi untuk aktif dalam pembelajaran.
• Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari.
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran topik teks Laporan / Report dengan judul tourism places.
• Guru meminta untuk memilih teks Laporan / Report tentang tourism places.
• Guru meminta untuk membaca teks yang sudah dipilih.

2. Kegiatan Inti (70 menit)
Orientasi peserta didik pada masalah
• Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
• Guru memutarkan video tentang tourism places (example of classifying Report text) dengan link; https:.
• Guru bertanya pada peserta didik: What is the content of the video?

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
• Guru membagikan LKPD.
• Guru meminta peserta didik berdiskusi untuk mengerjakan LKPD.
• Guru meminta siswa menuliskan hasil diskusi pada LKPD.

Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
• Guru berkeliling dari kelompok satu ke kelompok yang lain untuk membimbing dan memastikan peserta didik dapat mengerjakan tugas dengan baik.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
• Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi.
• Guru meminta kelompok lain untuk saling memberi tanggapan.
• Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik. What is the difference between factual report and classifying report?
• Guru meminta siswa mempresentasikan melalui membaca untuk didepan kelas.
• Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal secara mandiri.

3. Kegiatan Penutup (10 menit)  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
• Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman / simpulan pelajaran dengan menggunakan canva presentation.
• Guru melaksanakan refleksi pembelajaran dengan peserta didik.
• Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
• Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
• Leave taking. Berdoa.

Contoh Lembar Refleksi

Berikut disajikan contoh lembar refleksi kegiatan pembelajaran, meliputi;

Contoh Lembar Refleksi Guru

Identitas;
Mata pelajaran: .....
Sekolah: .........
Fase: ....
Kelas / Semester: ....

Pertanyaan;
1. Apakah Guru memberikan motivasi belajar inovatif?
2. Apakah Guru menjelaskan tentang menyenangkan belajar secara kelompok?
3. Apakah Guru membimbing untuk mengerjakan kolaborasi kelompok?
4. Apakah Guru memberikan solusi pemecahan masalah?
5. Apakah Guru mengapresiasi hasil belajar?

Contoh Lembar Refleksi Siswa

Identitas;
Mata pelajaran: .....
Sekolah: .........
Fase: ....
Kelas / Semester: ....

Pertanyaan;
1. Apakah senang belajar teks Report?
2. Apakah mudah mendapatkan bacaan tentang tempat wisata?
3. Apakah terdapat tempat wisata ditempatmu?
4. Apakah tertarik untuk membaca bacaan dalam Bahasa inggris?
5. Apakah mudah belajar teks report?

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments

Popular Posts