Contoh LK 2.4 Rencana Evaluasi PPG Dalam Jabatan 2023


Merupakan suatu kebahagiaan untuk dapat berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda hadir di sini karena Anda memahami pentingnya berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan.

Memahami berbagai permasalahan yang ada dalam pembelajaran siswa, mulai dari kendala / permasalahan dalam kegiatan belajar hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan memahami tahap proses rencana evaluasi, dari penentuan solusi dalam pembelajaran sebelumnya. Proses kegiatan pembelajaran ini disusun khusus untuk membantu Anda sebagai panduan untuk mengerjakan Lembar Kerja (LK), yaitu LK 2.4 Rencana Evaluasi.

LK 2.4 Rencana Evaluasi

Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru sebagai peserta harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, tugas-tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja.

Pada artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami proses rencana evaluasi dari kegiatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu Anda mengerjakan Lembar Kerja (LK).

Untuk itu, kami menyediakan contoh format lembar kerja, petunjuk pengerjaan dan LKS pada tahap rencana evaluasi; LK 2.4 Rencana Evaluasi, yang mungkin dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.


Format LK 2.4 Rencana Evaluasi

Merupakan suatu kebahagiaan untuk dapat berbagi pengalaman belajar dan mengerjakan tugas bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Memahami pentingnya pembelajaran siswa di sekolah untuk terlibat aktif dalam menangani permasalahan/kendala pembelajaran yang semakin kompleks dan menantang.

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan memahami tahapan proses rencana evaluasi, langkah selanjutnya dari pemahaman kegiatan pembelajaran pada rencana tindakan sebelumnya.

Proses kegiatan pembelajaran ini dirancang khusus untuk membantu Anda sebagai panduan dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK) yaitu LK 2.4 Rencana Evaluasi. Berikut ini adalah format pengisian LKS rencana evaluasi;

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi



LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN

Contoh Isian Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran


Identitas;
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Sekolah  : Sekolah Menengah Atas
Fase : F
Kelas / Semester: XII/Ganjil

Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Narrative, Report dan Descriptive secara kritis, kreatif dan santun.
2. Peserta didik dapat menganalisis makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Narrative, Report dan Descriptive secara kritis, kreatif dan santun.

Tahap pembelajaran; Pendahuluan
Aspek; Orientasi masalah
Kegiatan Guru;
• Menyebutkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Memberitahukan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.
• Memotivasi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
• Menggali kemampuan awal peserta didik.

Kegiatan Inti
Keorganisasan peserta didik
• Membagi peserta didik dalam kelompok heterogen.
• Melakukan cek per kelompok untuk membantu organisasi tugas peserta didik.
• Mengatur penggunaan waktu untuk diskusi kelas dengan tepat.
• Membimbing peserta didik untuk menggunakan buku sumber.
• Membimbing dan memotivasi peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai.
• Mengarahkan perhatian peserta didik pada materi yang dihadapi paada masing-masing kelompok.
• Melakukan cek pada tiap kelompok untuk memantau kegiatan peserta didik dalam kelompok.
• Mengusahakan agar setiap peserta didik dalam kelompok terlibat aktif dalam investigasi.
• Merangsang interaksi antar peserta didik dengan pertanyaan.
• Selama tahap pembimbingan, guru tidak langsung memberi jawaban setiap permasalahan kepada peserta didik.

Penyajian hasil diskusi
Meminta peserta didik untuk menyiapkan hasil diskusi yang akan dipresentasikan.
• Memotivasi dan menganjurkan kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
• Merangsang interaksi antar peserta didik pada saat diskusi kelas berlangsung.
• Memberikan umpan balik terhadap kesalahan peserta didik pada saat diskusi.
• Mengajukan pertanyaan yang relevan untuk membantu peserta didik dalam menemukan jawaban dari permasalahan yang didiskusikan.
• Merespon terhadap aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik.

Penutup
Analisis dan evaluasi proses mengatasi masalah.
• Memberikan klarifikasi terhadap permasalahan yang telah didiskusikan.
• Secara klasikal meminta peserta didik untuk memberikan kesimpulan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Contoh Lembar Keterlaksanaan Observasi Pembelajaran


Identitas;
Mata pelajaran: Bahasa Inggris
Sekolah: Sekolah Menengah Atas
Fase: F
Kelas / Semester: XII / Ganjil

Tujuan Pembelajaran:
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Laporan (Report text) secara kritis, kreatif dan santun.
2. Peserta didik dapat menganalisis makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan berbentuk Laporan (Report text) secara kritis, kreatif dan santun.

Kegiatan pembelajaran;
1. Pendahuluan (10 menit)
Orientasi Masalah
• Guru memberikan salam (greeting).
Guru meminta untuk berdoa.
Guru memeriksa kehadiran.

Apersepsi dan Motivasi
Guru memotivasi untuk aktif dalam pembelajaran.
Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari.
• Guru menyampaikan tujuan pembelajaran topik teks report dengan judul tourism place.
Guru meminta untuk memilih teks report tentang tourism place.
Guru meminta untuk membaca teks yang sudah dipilih.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Orientasi peserta didik
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
Guru memutarkan video tentang tourism place (example of classifying report text) dengan link.
Guru bertanya pada peserta didik: What is the content of the video?

Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar.
• Guru membagikan LKPD.
• Guru meminta peserta didik berdiskusi untuk mengerjakan LKPD.
• Guru meminta siswa menuliskan hasil diskusi pada LKPD.

Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
Guru berkeliling dari kelompok satu ke kelompok yang lain untuk membimbing dan memastikan peserta didik dapat mengerjakan tugas dengan baik.

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi.
Guru meminta kelompok lain untuk saling memberi tanggapan.
Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik. What is the difference between factual report and classifying report?
Guru meminta siswa mempresentasikan melalui membaca untuk didepan kelas.
Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan soal secara mandiri.

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
• Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman / simpulan pelajaran dengan menggunakan canva presentation.
Guru melaksanakan refleksi pembelajaran dengan peserta didik.
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
Leave taking. Berdoa.

Contoh Lembar Keterlaksanaan Refleksi Guru


Identitas;
Mata pelajaran: Bahasa Inggris
Sekolah: Sekolah Menengah Atas 
Fase: F
Kelas / Semester: XII / Ganjil

Pertanyaan;
1. Apakah Guru memberikan motivasi belajar inovatif?
2. Apakah Guru menjelaskan tentang menyenangkan belajar secara kelompok?
3. Apakah Guru membimbing untuk mengerjakan kolaborasi kelompok?
4. Apakah Guru memberikan solusi pemecahan masalah?
5. Apakah Guru mengapresiasi hasil belajar?

Contoh Lembar Keterlaksanaan Refleksi Siswa


Identitas;
Mata pelajaran: Bahasa Inggris
Sekolah: Sekolah Menengah Atas 
Fase: F
Kelas / Semester: XII / Ganjil

Pertanyaan;
1. Apakah senang belajar teks Report?
2. Apakah mudah mendapatkan bacaan tentang tempat wisata?
3. Apakah terdapat tempat wisata ditempatmu?
4. Apakah tertarik untuk membaca bacaan dalam bahasa Inggris?
5. Apakah mudah belajar teks Report?

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments