Contoh Mengisi LK 2.4 Rencana Evaluasi PPG Dalam Jabatan 2023


Memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari kendala / permasalahan dalam kegiatan belajar siswa hingga interaksi aktivitas siswa di kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif.

Merupakan suatu kebahagiaan untuk dapat berbagi pengalaman belajar bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Anda hadir di sini karena Anda memahami pentingnya berkontribusi terhadap dunia pendidikan yang semakin kompleks dan penuh tantangan.

Artikel ini menyajikan contoh pengisian lembar kerja rencana evaluasi pada PPG dalam jabatan tahun 2023, yang mungkin memudahkan bagi mahasiswa dan guru untuk memahami dan menemukan solusi dalam mengerjakan tugas.


LK 2.4. Rencana Evaluasi

Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan memahami tahap proses penentuan solusi, dari penyebab masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Proses kegiatan pembelajaran ini disusun khusus untuk membantu Anda sebagai panduan untuk mengerjakan Lembar Kerja (LK), yaitu LK 2.4 Rencana Evaluasi.

Untuk itu, kami menyediakan contoh format lembar kerja, petunjuk pengerjaan dan LKS pada tahap rencana evaluasi yang dapat Anda jadikan acuan atau mungkin dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.

Format Lembar Kerja (LK) 2.4

Berikut adalah format mengisi lembar kerja rencana evaluasi;

Format LK 2.4 Rencana Evaluasi


Petunjuk Pengerjaan LK 2.4

LK 2.4 Rencana Evaluasi berisi desain atau rancangan instrumen yang akan digunakan mahasiwa untuk melakukan observasi dan evaluasi / refleksi kritis terhadap keterlaksanaan rencana aksi (dalam bentuk modul ajar / RPP) yang telah dikembangkan.

Pada LK ini telah disediakan dua contoh desain, jika mahasiswa menggunakan rencana evaluasi yang sama, mahasiswa hanya tinggal melengkapi tautan instrumen  yang siap pakai. Mahasiswa juga dapat menambahkan metode atau instrumen lain yang dirasa sesuai.

Berikut adalah cara mengisi setiap kolom dalam lembar kerja rencana evaluasi, hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi;

LK 2.4 Rencana Evaluasi
Kolom (1); Metode
Kolom ini berisi tentang;
• Observasi pembelajaran
• Refleksi
• Tambahkan metode lain jika ada.

Kolom (2); Kebutuhan Instrumen
Kolom ini berisi tentang;
• Lembar checklist observasi.
• Lembar Refleksi; berisi daftar pertanyaan reflektif.
• Tambahkan kebutuhan instrument sesuai dengan metode (jika ada).

Kolom (3); Rencana pengembangan
Kolom ini berisi tentang;
• Pengembangan dari modul ajar / RPP (bagian aktivitas dan asesmen) dengan penambahan kolom keterlaksanaan / ketidakterlaksanaan serta kolom catatan.
• Menyusun 5 pertanyaan reflektif atas keterlaksanaan / ketidakterlaksanaan rencana aksi.
• Deskripsikan singkat rencana pengembangan.

Kolom (4); Hasil
• Kolom ini berisi tentang hasil  pembelajaran sebelumnya yang dimasukkan dalam penyimpanan instrumen, yaitu Link instrumen dan Tautkan instrumen (jika ada).

Contoh Mengisi LK 2.4 Rencana Evaluasi

Contoh dalam artikel ini adalah rancangan atau draft instrumen yang digunakan untuk melakukan observasi dan evaluasi/refleksi kritis terhadap implementasi rencana tindakan (berupa modul ajar/RPP) yang telah disusun.

Dalam LK ini dibuat contoh rancangan dan diberikan kepada mahasiswa yang menggunakan rencana evaluasi yang sama, mahasiswa dapat melengkapi link instrumen dengan menambahkan metode atau instrumen lain yang dianggap sesuai.

Berikut adalah contoh dalam mengisi lembar kerja rencana evaluasi, yang meliputi; observasi pembelajaran dan refleksi pembelajaran.

Contoh Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran


Identitas;
Mata pelajaran: .......
Sekolah: ......
Fase: .....
Kelas / Semester: ......

Tujuan Pembelajaran: 
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan secara kritis, kreatif dan santun.
2. Peserta didik dapat menganalisis makna secara kontekstual fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan secara kritis, kreatif dan santun.

Tahap pembelajaran - Aspek - Kegiatan Guru - Deskripsi

Kegiatan Pembelajaran;
Orientasi masalah
• Menyebutkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
• Memberitahukan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.
• Memotivasi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
• Menggali kemampuan awal peserta didik.
Keorganisasian peserta didik
• Membagi peserta didik dalam kelompok heterogen.
• Melakukan cek per kelompok untuk membantu organisasi tugas peserta didik.
• Mengatur penggunaan waktu untuk diskusi kelas dengan tepat.
• Membimbing peserta didik menggunakan buku sumber.
• Membimbing dan memotivasi peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai.
• Mengarahkan perhatian peserta didik pada materi yang dihadapi pada masing-masing kelompok.
• Melakukan cek pada tiap kelompok untuk memantau kegiatan peserta didik dalam kelompok.
• Mengusahakan agar setiap peserta didik dalam kelompok terlibat aktif dalam investigasi.
• Merangsang interaksi antar peserta didik dengan pertanyaan.
• Selama tahap pembimbingan, guru tidak langsung memberi jawaban setiap permasalahan kepada peserta didik.
Penyajian hasil diskusi
• Meminta peserta didik untuk menyiapkan hasil diskusi yang akan dipresentasikan.
• Memotivasi dan menganjurkan kepada peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
• Merangsang interaksi antar peserta didik pada saat diskusi kelas berlangsung.
• Memberikan umpan balik terhadap kesalahan peserta didik pada saat diskusi.
• Mengajukan pertanyaan yang relevan untuk membantu peserta didik dalam menemukan jawaban dari permasalahan yang didiskusikan.
• Merespon terhadap aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik.

Analisis dan evaluasi proses mengatasi masalah
• Memberikan klarifikasi terhadap permasalahan yang telah didiskusikan.
• Secara klasikal meminta peserta didik untuk memberikan kesimpulan terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Berikut ini adalah contoh petunjuk pengerjaan dalam mengisi lembar refleksi keterlaksanaan pembelajaran bagi guru dan siswa yang dapat ditulis dalam setiap kolom meliputi hal-hal;

Contoh Lembar Refleksi Guru

Kolom (1) Pertanyaan;
Berisi pertanyaan 5 pertanyaan, setelah kegiatan pembelajaran selesai, adalah sebagai berikut;

Pertanyaan;
1. Apakah Guru sudah menyiapkan dan membagikan bahan bacaan yang akan dipelajari yaitu bahan bacaan berisi gambar (hand out) dan mengingat kembali teks pendek sederhana yang pernah mereka baca?
2. Apakah Guru sudah meminta siswa untuk mempelajari bacaan secara kelompok?
3. Apakah Guru meminta siswa memberikan garis bawah pada saat membaca untuk kata-kata yang dianggap penting dalam bacaan dengan teman sekelompok?
4. Apakah Guru sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa?
5. Apakah Guru sudah mendokumentasikan hasil pemaparan siswa?

Contoh Lembar Refleksi Siswa

Berikut disajikan contoh lembar keterlaksanaan refleksi siswa, meliputi;

Identitas;
Mata Pelajaran : ......
Sekolah              : .....
Kelas/Semester: .....

Pertanyaan;
1. Apakah menurut siswa mempelajari bacaan pendek sederhana mudah dan menyenangkan?
2. Apakah siswa mempelajari bacaan pendek sederhana secara kelompok diluar kelas menarik?
3. Apakah siswa dapat memahami struktur teks secara baik?
4. Apakah siswa mendapatkan manfaat setelah mempelajari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa?
5. Apakah siswa mendokumentasikan hasil pemaparan dan diskusi dengan mudah?

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments