Contoh Mengisi LK 3. Penyusunan Laporan Best Practice PPG Dalam Jabatan 2023
Merupakan suatu kebahagiaan untuk dapat berbagi pengalaman belajar dan mengerjakan tugas bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Memahami pentingnya pembelajaran siswa di sekolah untuk terlibat aktif dalam menghadapi permasalahan/kendala pembelajaran yang semakin kompleks dan menantang.
Dalam memahami berbagai permasalahan yang ada di dunia pendidikan, mulai dari hambatan/permasalahan dalam kegiatan belajar siswa hingga interaksi aktivitas siswa di dalam kelas, merupakan kunci awal untuk menjadi guru yang efektif dan inspiratif. Artikel ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda dalam beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran siswa di dalam kelas.
Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam mengerjakan dan memahami tahapan proses penyusunan laporan best practice, langkah selanjutnya dari pemahaman kegiatan pembelajaran pada rencana tindakan sebelumnya. Proses kegiatan pembelajaran ini dirancang khusus untuk membantu Anda sebagai panduan dalam mengerjakan Lembar Kerja (LK) yaitu LK 3 Penyusunan Laporan Best Practice (Praktik Baik).
LK 3. Penyusunan Laporan Best Practice (Praktik Baik)
Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru sebagai peserta harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, tugas-tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja. Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami proses penyusunan laporan praktik baik (best practice) dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk membantu Anda, mengisi dan mengerjakan Lembar Kerja (LK) 3.
Dalam kegiatan perancangan Lembar Kerja (LK) Penyusunan Laporan Praktik Baik (Best Practice) merupakan tugas yang harus diselesaikan oleh peserta program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Inti dari laporan Praktik Baik (Best Practice) adalah mengidentifikasi, menguraikan, dan menganalisis suatu metode atau pendekatan pembelajaran yang dianggap paling efektif dan berhasil dalam meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Untuk itu, kami menyediakan contoh format LKS dan petunjuk pengerjaan pada tahap penyusunan laporan praktik baik (best practice) yang dapat Anda jadikan acuan atau dapat diadopsi langsung dalam praktik mengajar Anda di kelas.
Format LK-3. Panduan Penyusunan Laporan Best Practice
Dalam kegiatan PPG, tugas dikerjakan dan dirancang dalam bentuk lembar kerja. Dalam artikel ini, Anda akan diberikan panduan dalam menemukan dan memahami tahapan proses penyusunan laporan praktik baik (best practice) dari beberapa proses kegiatan pembelajaran.
Hal ini dibuat untuk merancang dan menjadi panduan pemahaman yang akan memandu Anda dalam beberapa proses seperti identifikasi, eksplorasi, dan penentuan penyebab masalah yang sering ditemui dalam pembelajaran siswa di kelas yang telah diidentifikasi sebelumnya.
Berikut ini adalah format pengisian LKS Penyusunan Laporan Praktik Baik (Best Practice);
| Format LK 3. Penyusunan Laporan Best Practice |
Petunjuk Pengerjaan LK 3 Penyusunan Laporan Praktik Baik (Best Practice)
Lembar Kerja (LK) Penyusunan Laporan Praktik Baik (Best Practice) merupakan salah satu tugas dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Laporan Praktik Baik (Best Practice) berisi tugas untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis suatu metode atau pendekatan pembelajaran yang dianggap paling efektif dan berhasil dalam meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik.
Pada tugas ini, Anda diminta untuk menulis Laporan Praktik Baik (Best Practice) tentang pembelajaran yang merupakan praktik terbaik dari kegiatan PPL PPG Dalam Jabatan. Laporan ini berbentuk esai sepanjang 500 kata dengan mengikuti langkah-langkah berikut;
Panduan Penyusunan Laporan Praktik Baik (Best Practice)
1. Pilih salah satu kegiatan pembelajaran inovatif yang telah Anda lakukan selama PPL PPG Dalam Jabatan yang menurut Anda paling berhasil dalam hal peningkatan proses dan hasil belajar mahasiswa.
2. Uraikan pembelajaran tersebut dalam bentuk esai dengan menggunakan kerangka STAR (situation-challenge-action-reflection) yang sesuai dengan kondisi nyata di kelas. Sertakan argumen Anda bahwa pembelajaran yang dipilih merupakan praktik terbaik.
3. Format penulisan esai menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1.
4. Struktur penulisan esai terdiri dari:
a. Judul
b. Pendahuluan
c. Pembahasan
d. Kesimpulan
e. Daftar Pustaka
Kerangka STAR
Berikut penjelasan singkat tentang kerangka kerja STAR;
Situasi
Jelaskan kondisi di balik masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa peran dan tanggung jawab Anda dalam praktik ini.
Tantangan
Jelaskan tantangan untuk mencapai tujuan. Kemudian sebutkan pelaku atau individu yang terlibat.
Aksi
Terkait dengan langkah apa yang diambil untuk mengatasi tantangan / strategi apa yang digunakan / bagaimana prosesnya, siapa yang terlibat / Sumber daya atau materi apa yang dibutuhkan untuk menerapkan strategi ini.
Refleksi
Apa dampak dari tindakan yang diambil? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana tanggapan orang lain terhadap strategi yang diambil? Apa faktor keberhasilan atau kegagalan strategi yang diambil? Apa pelajaran yang dipetik dari keseluruhan proses.
Sumber:
• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Materi Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.
.jpg)
Comments
Post a Comment