Contoh Sederhana Refleksi Pembelajaran PPL-PPG Dalam Jabatan 2023


Dalam kegiatan PPG, mahasiswa atau guru sebagai peserta harus menyelesaikan berbagai tagihan atau tugas. Tugas-tugas dalam kegiatan pembelajaran ini dirancang khusus untuk membantu Anda mengisi dan mengerjakannya dalam bentuk lembar kerja. 

Dalam kegiatan PPL, setiap peserta harus menyelesaikan tugas, yang dirancang dalam bentuk jurnal refleksi pembelajaran setelah melaksanakan praktik mengajar. Jurnal refleksi merupakan salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa PPG Dalam Jabatan.

LK-2 Jurnal Refleksi PPL

Pada artikel ini, Anda akan diberikan contoh LK -2 Jurnal Refleksi PPL PPG Dalam Jabatan merupakan salah satu tugas dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang harus diselesaikan oleh peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab).

Jurnal refleksi ini bertujuan untuk membantu mahasiswa melakukan refleksi dan menganalisis pengalamannya selama PPL. Dengan menulis jurnal refleksi, mahasiswa dapat memahami kelebihan dan kekurangannya dalam mengajar, serta dapat merencanakan perbaikan pembelajaran di masa mendatang.

Format LK 2. Jurnal Refleksi PPL


Pada tugas ini, Anda diminta untuk menulis jurnal refleksi pembelajaran sebelum mengikuti PPG Dalam Jabatan dan setelah mengikuti Pendalaman Materi dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Berikut adalah format LK-2. Jurnal Refleksi PPL PPG Dalam Jabatan, yaitu;

Format LK 2. Jurnal Refleksi PPL

Contoh Jurnal Refleksi PPL

Berikut ulasan mengenai contoh memahami dan mengerjakan Jurnal Refleksi PPL dalam PPG Dalam Jabatan. Hal-hal yang perlu diperhatikan termasuk pada setiap praktik pembelajaran 1 dan 2.

PPL 1

PEMBELAJARAN 1
KEGIATAN YANG BELUM TERLAKSANA:
Secara umum semua kegiatan sudah terlaksana pada praktik pembelajaran 1, namun masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki, seperti :
1. Kurangnya motivasi siswa pada awal kegiatan pembelajaran.
2. Hal-hal teknis terkait pengambilan video pembelajaran sehingga hasil rekaman video terlihat gelap.

KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN:
1. Menerapkan model pembelajaran inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai dengan sintaks model PBL.
2. Membuat atau menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS.
3. Menerapkan metode atau strategi pembelajaran aktif siswa (tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi, observasi).
4. Memberikan waktu kepada siswa untuk kegiatan literasi dan numerasi di awal kegiatan pembelajaran.
5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan memberikan refleksi.
6. Mengaitkan materi pembelajaran dengan materi kehidupan sehari-hari serta menggunakan analogi dan metafora dalam menjelaskan materi pembelajaran.
7. Menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK yang menarik minat siswa (PPT, Video, LKPD Interaktif, Link Materi dan evaluasi/post test)
8. Mengevaluasi pelaksanaan praktik pembelajaran.
9. Membuat video pembelajaran dan mengeditnya kemudian mengunggahnya ke LMS.
10. Melakukan refleksi terhadap pelaksanaan praktik pembelajaran.

APA SAJA PRAKTIK YANG BAIK:
Dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL) pada praktik pembelajaran 1, dapat meningkatkan semangat siswa untuk belajar dimana siswa mulai aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mulai berani menyampaikan ide atau pendapat dalam diskusi serta mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan baik.

PPL 1

PEMBELAJARAN 2
KEGIATAN YANG BELUM TERLAKSANA:
Secara umum semua kegiatan yang dilaksanakan pada praktik pembelajaran ke-2 ini lebih baik dari pada pertemuan ke-1 dan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana, namun masih terdapat kekurangan yang perlu diperbaiki yaitu:

• Kurangnya relevansi antara bahan ajar dengan materi dalam kehidupan sehari-hari.

KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN:
1. Menerapkan model pembelajaran inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai sintaksis model PBL.2. Membuat atau menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS. Dengan menggunakan model pembelajaran inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL).
3. Menerapkan metode atau strategi pembelajaran siswa aktif (tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi, observasi).
4. Memberikan waktu kepada siswa untuk kegiatan literasi dan numerasi di awal kegiatan pembelajaran.
5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan memberikan refleksi.
6. Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari serta menggunakan analogi dan metafora dalam menjelaskan materi pembelajaran.
7. Menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK yang menarik minat siswa (PPT, Video, LKPD Interaktif, Link Materi dan Evaluasi/Posttest)
8. Mengevaluasi pelaksanaan praktik pembelajaran.
9. Membuat video pembelajaran dan mengeditnya kemudian mengunggahnya ke LMS.
10. Melakukan refleksi terhadap pelaksanaan praktik pembelajaran.

APA SAJA PRAKTIK YANG BAIK:
Dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL) pada praktik pembelajaran ke-2, selain meningkatkan semangat belajar siswa, siswa semakin kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, mampu menyampaikan ide atau pendapat dalam diskusi, menyajikan hasil diskusi kelompok dengan baik, pembelajaran berpusat pada siswa dan hasil belajar meningkat.

PPL 2

PEMBELAJARAN 1
KEGIATAN YANG BELUM TERLAKSANA:
Secara umum semua kegiatan dalam praktik pembelajaran ini sudah terlaksana dan lebih baik dari sebelumnya serta kegiatannya berjalan dengan baik, namun masih terdapat kekurangan yang harus diperbaiki yaitu: 
• Kurangnya pertanyaan yang menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang akan dipelajari. 
• Dari segi materi kontekstual dan keterkaitan materi pembelajaran dengan materi kehidupan sehari-hari perlu ditingkatkan lagi agar lebih baik dan optimal.

KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN:
1. Menerapkan model pembelajaran inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran dilaksanakan dengan baik sesuai sintaks model PBL.
2. Membuat atau menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS.
3. Menerapkan metode atau strategi pembelajaran siswa aktif (tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi, observasi).
4. Memberikan waktu kepada siswa untuk kegiatan literasi dan numerasi di awal kegiatan pembelajaran.
5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan memberikan refleksi.
6. Mengaitkan materi pembelajaran dengan materi kehidupan sehari-hari serta menggunakan analogi dan metafora dalam menjelaskan materi pembelajaran.
7. Menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK yang menarik minat siswa (PPT, Video, LKPD Interaktif, Link Materi dan Evaluasi/Posttest).
8. Mengevaluasi pelaksanaan praktik pembelajaran.
9. Membuat video proses pembelajaran dan mengeditnya kemudian mengunggahnya ke LMS.
10. Melakukan refleksi pelaksanaan praktik pembelajaran.

APA SAJA PRAKTIK YANG BAIK:
Dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif yaitu Project Based Learning (PjBL) pada praktik pembelajaran ke-3, semangat belajar siswa semakin baik, siswa semakin kreatif dan inovatif dalam mengerjakan proyek yang telah direncanakan dalam kegiatan pembelajaran, mampu menyampaikan ide atau pendapat dalam diskusi dan menuangkannya dalam bentuk rancangan proyek yang dihasilkan.

PPL 2

PEMBELAJARAN 2
KEGIATAN YANG BELUM TERLAKSANA:
Secara umum semua kegiatan pada praktik pembelajaran ini sudah terlaksana dan kegiatan praktik sudah lebih baik dari sebelumnya walaupun belum optimal dan kegiatan sudah berjalan dengan baik.

KEGIATAN YANG TELAH TERLAKSANA:
1. Menerapkan model pembelajaran yang inovatif yaitu Problem Based Learning (PBL) dan Pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai sintaks model PBL.
2. Membuat atau menyusun perangkat pembelajaran berbasis HOTS.
3. Menerapkan metode atau strategi pembelajaran siswa aktif (tanya jawab, diskusi kelompok, presentasi, observasi).
4. Memberikan waktu kepada siswa untuk kegiatan literasi dan numerasi di awal kegiatan pembelajaran.
5. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan memberikan refleksi.
6. Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan menggunakan analogi serta metafora dalam menjelaskan materi pembelajaran.
7. Menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK yang menarik minat siswa (PPT, Video, LKPD Interaktif, Link Materi dan evaluasi/posttest).
8. Mengevaluasi pelaksanaan praktik pembelajaran.
9. Membuat video proses pembelajaran dan mengeditnya kemudian mengunggahnya ke LMS.
10. Melakukan refleksi terhadap pelaksanaan praktik pembelajaran.

APA SAJA PRAKTIK YANG BAIK:
Dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif yaitu Project Based Learning (PjBL) pada praktik pembelajaran ke-4, antusiasme siswa dalam belajar sangat baik, siswa semakin baik dan kreatif serta inovatif dalam mengerjakan dan menghasilkan proyek desain poster dengan baik dan mempresentasikan hasil proyek desain poster dengan menjelaskan makna dan nilai yang terkandung dalam poster yang dibuat dengan baik.

Sumber:

• Mahasiswa PPG Dalam Jabatan 2023.
• Materi Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 (K1) 2023.
• Contoh LK dan Rubrik Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2023.

Comments